Thursday, January 30, 2014

BLACK SAILS SEASON 1 EPISODE 1


Jenis : TV Series
Judul : Black Sails S01E01
Sub-judul : Pilot
Rilis : 25 Januari 2014
Durasi : 01:04:52
Sutradara : Neil Marshall
Penulis : Jonathan E. Steinberg, Robert Levine, Robert Louis Stevenson
Pemain :
Toby Stephens, Hannah New, Luke Arnold, Tom Hopper, Mark Ryan, Jessica Parker Kennedy, Clara Paget, Zach McGowan, Sean Cameron Michael, Toby Schmitz
Sinopsis :
Setelah pelayaran singkat, Kapten Flint harus menghadapi pemberontakan yang dilakukan oleh salah satu awak kapalnya sendiri. Di saat tergentingnya dia harus mampu menunjukkan kualitas sesungguhnya sebagai seorang kapten yang layak untuk dihormati.

Official Trailer

Review
Kalo ngeliat TV series yang satu ini ditayangin sama Starz, ekspektasi gue jadi tinggi banget. Pasalnya, film-film yang ditayangin di channel ini emang rata-rata high class, plot mantep, dan juga setting super niat, yah bersaing banget lah sama HBO/Showtime dari segi kualitas. Terus nggak diduga-duga juga, akhirnya ada TV series live-action yang ngebahas soal bajak laut. Ini pasti bakalan seru, makanya gue rela nungguin ini berbulan-bulan lamanya sampe akhirnya dirilis juga 25 Januari kemarin. Oh ya, Black Sails ini sebenernya prequel dari cerita bajak laut klasik karya Robert Louis Stevenson bertajuk "Treasure Island". Tepatnya ber-setting dua puluh tahun sebelum kejadian di cerita tersebut.

Kisah ini berfokus pada Kapten Flint (Toby Stephens) dengan seluruh awak kapal bajak lautnya. Dia membajak kapal naval untuk mencari sebuah catatan jadwal pelayaran kapal Spanyol kaya, L'Urca de Lima. Sayangnya, jadwal tersebut udah ilang dicuri sama salah satu awak kapal naval pengecut dan doyan nyari keuntungan sendiri, John Silver (Luke Arnold). Nah, si John ini diem-diem juga menyatakan diri sebagai awak baru kapal bajak laut Kapten Flint sambil berusaha nyari cara buat ngejual jadwal pelayaran yang dia punya ke pihak lain yang bersedia ngebayar mahal.

Awak kapal yang nggak pernah tau apa rencana sesungguhnya Kapten Flint merasa dikhianati kepercayaannya, hingga ada salah satu awak pemberontak menyatakan diri sebagai calon kapten yang baru. Sebagian besar awak kapal mendukung usaha pemberontak itu. Kapten Flint pun berada pada situasi yang genting. Dia berusaha mencari bantuan soal jadwal pelayaran yang hilang dengan menemui teman lamanya, Guthrie (Sean Cameron Michael), yang tinggal di pulau New Providence. Sayangnya, Kapten Flint belum berhasil mendapatkan apa yang dia mau, kecuali kematian Guthrie di depan matanya karena tertembak oleh sekelompok anggota naval. Padahal perjanjian antara Guthrie dengan Flint ini nyaris aja disetujui.

Pemberontakan makin menjadi-jadi, Kapten Flint makin bingung harus bagaimana menguasai awak kapalnya. John Silver ketemu sama Max (Jessica Parker Kennedy), seorang cewek penjaja biseksual yang jadi rekan berbisnis John. Max nyari kapten bajak laut lain yang ada di New Providence nawarin jadwal pelayaran L'Urca de Lima.

Akhirnya, Kapten Flint kembali ke kapalnya ngebawa mayat Guthrie, terus dapet ide buat ngejatuhin si pemberontak dengan cara ngefitnah. Kapten Flint ngungkapin rahasianya yang pengen membajak kapal Spanyol bernilai jutaan dollar itu, bikin awak kapal pada silau, selanjutnya dia beralasan kalo susah nyari kapal itu tanpa adanya jadwal pelayaran. Kapten Flint nunjuk si pemberontak sebagai pelaku pencurian jadwal pelayaran tersebut. Merasa difitnah, mereka pun bertarung sampe mati. Dimenangin Kapten Flint, awak kapal kembali menaruh kepercayaan pada kaptennya. Sementara John Silver masih ada di sana dengan senyum kepura-puraan. Terus Max udah nemuin calon pembeli (sepertinya), dan ini artinya gawat. Kemungkinan di episode selanjutnya akan ada pertarungan seru antar dua kelompok bajak laut memperebutkan jadwal pelayaran tersebut.

Secara garis besar, film ini memang punya plot yang menjanjikan. Perkembangannya bisa jadi sangat luas dan ngebikin cerita ini longlasting. Mungkin bisa sampai 4 atau 5 season. Tapi, ada beberapa peringatan di sini: Pertama, kalo kalian mengharapkan kisah ini semacam Pirates of the Carribean dengan bajak laut aneh-anehnya, kalian bakal kecewa karena di sini bajak lautnya sangat realistis. Peringatan kedua, di sini pertarungan brutalnya nggak begitu banyak karena konflik sebenarnya jauh lebih rumit daripada sekedar berantem bag big bug antar bajak laut (atau mungkin belum aja kali yah, kan masih episode 1) tapi sekalinya berantem bener-bener penuh darah, terakhir adalah seperti yang udah pernah dilihat di Spartacus dan Da Vinci's Demons, film ini bakalan banyak menampilkan adegan seks secara frontal tanpa sensor, tapi kadarnya nggak separah Spartacus sih. Tapi tetep aja, untuk kalian yang masih di bawah umur dilarang keras yah nonton film ini.

Dari segi setting cerita, seperti dugaan gue, super niat. Sama sekali nggak keliatan bohongannya, lagian juga emang nggak pake special effect sih, makanya realistis banget. Kehidupan yang tergambar sepanjang cerita sangat mencerminkan kondisi sesungguhnya pada masa itu. Cuma gue agak nggak sreg sama bangunan tempat Guthrie tinggal, rasanya bentuknya nyaris lebih modern daripada bangunan lainnya.

Lewat film ini juga gue jadi tahu kalo ternyata bajak laut itu bisnisnya nggak melulu masalah ngebajak kapal, nyolong emas, terus ditimbun atau dijual ke penadah. Ternyata ada banyak hal lain soal bajak laut yang digali di sini.

Kekurangannya mungkin karena terlalu memaksakan adanya fanservice, yap adegan seks frontal yang sayangnya keberadaannya gak didukung sama plot. Adegan itu ada seolah dibuat-buat aja cuma buat manjain mata penonton, sedangkan hubungannya ke plot secara langsung nyaris nggak ada. Bisa dihilangkan sebetulnya kalo emang pengen memperluas jangkauan penonton hingga ke kategori remaja. But, well, ini kan udah ciri khas Starz channel. Filmnya dewasa berbobot semua. Lagipula yang bikin film ini menarik bukan itunya melainkan drama dan konflik rumit yang dibangun di dalamnya.

Akhirnya, gue cuma bisa bilang nggak sabar sama kelanjutannya. Penasaran banget bagaimana nasib Kapten Flint ini ke depannya. Terus ngeliat bajak laut saingannya aja ada yang tampangnya lebih serem daripada dia, udah gitu Kapten Flint kan bukan kapten yang jago banget berantemnya. Dia cuma berani. Skor tinggi untuk episode perdana ini, karena nggak mengecewakan ekspektasi gue sejak berbulan-bulan yang lalu. Very recommended untuk yang udah cukup umur!

---

Tentang penulis:
Glen Tripollo
Seorang blogger kreatif yang bercita-cita menjadi penulis horror-fantasy profesional. Memiliki passion dan kecintaan yang tinggi terhadap website dan graphic design, juga sangat antusias dalam mempelajari hal-hal baru yang berhubungan dengan media sosial dan internet.


Total Score
8 of 10

Black Sails Fans Networks

2 comments:

  1. kereeen nih bang glen sekarang punya blog macem-macem. salah satunya buat review film gini. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, dan coming soon gak lama lagi blog gue khusus buat bahas dunia kepenulisan... :D.

      Thanks udah berkunjung sob!

      Delete

Feel free to leave your comments! Harap menjaga bahasa, tidak menyinggung SARA, SPAM dan Flamming. Dilarang keras meninggalkan link aktif di badan komentar. Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan akun "Anonymous" atau "Name/URL" yang diisi dengan nama palsu dengan maksud berpromosi.